Gandaria

GANDARIA

Gandaria (Bouea macrophylla Griff), termasuk salah satu anggota Anacardiaceae.
Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Sekarang tersebar mulai di Malaysia, Indonesia, dan Amerika yang beriklim tropis. Di negeri kita, tanaman ini jarang dijumpai baik di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur. Gandaria dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang ringan, pada ketinggian 5  800 m dpl.

Pohon Gandaria dapat mencapai 20 meter tingginya. Daunnya berbentuk lanset panjang, halus serta mengkilat dan untaiannya menggantung. Bunganya terdapat dalam malai seperti bunga mangga, yang tumbuh diujung cabang muda pada ketiak daun dan berwarna kuning muda. Tanaman Gandaria berbunga pada bulan Agustus  September. Dan buahnya akan masak pada bulan Desember  Januari.

Bauh Gandaria berbentuk bulat lonjong, berukuran kecil. Buah yang telah masak berwarnaa kuning atau merah muda. Daging buahnya tebal, berair, rasanya ada yang asam dan ada pula yang manis. Buah Gandaria yang telah masak , setelah dikupas dapat dimakan dalam keadaan segar. Dapat juga sebagai bahan pembuatan sirup, dan sari buah-buahan. Buah yang masih muda dapat digunakan unutk rujak dan asinan. Dapat juga dipakai sebagai pengganti jeruk nipis atau asam.

Tanaman Gandaria dapat diperbanyak dengan menanam biji atau mencangkok. Kayu tanaman ini dapat digunakan untuk sarung keris dan untuk bahan bangunan. Gandaria merupakan tanaman buah yang patut dilestarikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s